Benarkah bumi itu bulat?

00. Benarkah bumi itu bulat

Udah lama nggak buka facebook, ternyata ada kontroversi bumi itu datar atau bulat yaa? Benarkah bumi itu bulat? Saya jadi teringat pengalaman bersama Mas Adang Adha di taksi Siantar-Medan. Kalau ingat kejadian ini pasti senyum-senyum sendiri.

Entah dari mana ujung pangkalnya, tiba tiba seorang ibu di mobil berkata bahwa ia meyakini kalau bumi itu sebenarnya datar. Berlagak ilmuwan, saya pun bernafsu hendak menjelaskan kepadanya bagaimana secara logika bumi itu bulat.

Tapi ibu ini terus saja berargumen, belum sempat saya menjelaskan hingga sampai suatu perkataannya. “Salutnya saya sama para ilmuwan itu, bisa mereka bersekongkol meletakkan negara-negara dalam globe,” katanya.

“Wah.. ini udah ngaco!” Kata saya dalam hati. Dengan iseng saya bertanya,”Kalau bulan, menurut ibu bulat atau tidak?”

Disitulah kami mendapat jawaban yang mengejutkan,”Saya tidak percaya bulan itu ada.” Katanya. Saya semakin penasaran kemudian bertanya. “Lalu yang ibu lihat itu apa?”

“Bulan itu ya sebenarnya Matahari itu sendiri. Kalau siang dia jadi Matahari, kalau malam dia jadi Bulan,” jawabnya.

Sampai disini saya tertawa di dalam hati, sambil sedikit merasa kasihan. Ternyata masih ada yaa di zaman sekarang yang memiliki keyakinan seperti ini.

Saya pun teringat pelajaran tentang belief (keyakinan) saat belajar NLP. “Kalau kita memiliki sebuah BELIEF, maka semua fakta yang tersedia hanya akan dilihat sesuai BELIEF tersebut.”

Jadi percuma saja saya melayani orang seperti ini berdiskusi/berdebat. Yang perlu dilakukan adalah merubah beliefnya terlebih dahulu.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *