Cara Mengatasi Grogi Dengan Teknik NLP

Cara mengatasi grogi dengan teknik NLP

Apakah Anda tahu, ketakutan berbicara di depan publik merupakan ketakutan nomor satu di dunia? Mengalahkan ketakutan terhadap ketinggian, ketakutan terhadap kematian, ketakutan terhadap kemiskinan, ketakutan terhadap keramaian, ketakutan terhadap serangga, dsb. Jadi mungkin wajar saja kalau di antara Anda ada yang mengalami hal ini. Maka saya akan bagikan cara mengatasi grogi dengan teknik NLP.

Saya sering sekali berjumpa dengan orang yang setengah mati berjuang agar tidak disuruh tampil di depan publik. Ia berusaha sekuat tenaga menghindar dan menyerahkan tugas tersebut kepada orang lain. Namun, kadang kala hal tersebut tidak dapat dielakkan lagi. Memang harus Anda yang tampil berbicara di hadapan orang lain.

Sebagai pelajar mungkin Anda harus presentasi di hadapan guru atau dosen, mempresentasikan apa yang sudah Anda pelajari atau mempertanggung jawabkan skripsi yang Anda buat. Sebagai seorang karyawan mungkin Anda akan diminta mengungkapkan ide-ide Anda, memimpin rapat, mempresentasikan program kerja, dsb. Apalagi sebagai pebisnis atau pemimpin, Anda tidak lepas dari tampil di depan publik. Semakin naik karir dan jabatan Anda, semakin besar pula peluang untuk tampil/ bicara di hadapan publik.

Apa yang terjadi jika ketakutan dan grogi itu hadir disaat yang tidak tepat? Saya sering didatangi klien yang punya pengalaman seperti ini. Mereka mengungkapkan kepada saya beberapa hal yang terjadi saat mengalami grogi/ ketakutan bicara di depan publik, yaitu:

  • Keringat dingin
  • Gemetar
  • Gugup, tak bisa keluar kata-kata
  • Sakit perut
  • Sesak nafas
  • Pucat
  • Kebelit buang air kecil/ besar,
  • Tubuh kaku

Apa akibatnya jika hal di atas hadir saat Anda harus tampil/ bicara di depan publik? Presentasi Anda bisa menjadi kacau balau, nilai Anda menjadi berkurang, kehilangan peluang bisnis/ karir, mungkin Anda akan merasa malu, dan akhirnya akan memperkuat perasaan ini pada diri Anda. Untuk itu, alangkah baiknya Anda belajar cara mengatasi grogi/ ketakutan saat tampil di depan publik.

Kebanyakan rasa takut adalah dipelajari. Ia tidak hadir dengan sendirinya bersamaan saat kita lahir. Pengalaman kehidupanlah yang telah membentuk kita untuk takut bicara di depan publik. Mungkin ada pengalaman di masa lalu saat kita salah atau malu saat bicara di depan publik. Karena perasaan itu terlalu kuat, akibatnya ia terbawa sampai sekarang.

Sebagai sesuatu yang dipelajari, maka ketakutan/ grogi pun bisa dihilangkan. Salah satunya adalah dengan bantuan Hipnoterapi untuk menyelesaikan pengalaman masa lalu berkaitan dengan ketakutan itu. Silahkan cari layanan Hipnoterapi profesional di kota Anda. Atau dengan mengikuti pelatihan-pelatihan percaya diri.

Jika tidak ada penyebab yang kuat di masa lalu, sebenarnya grogi dapat diatasi dengan sangat cepat. Anda dapat menjadi tenang seketika saat akan tampil di depan publik. Sekarang saya akan berbagi salah satu teknik NLP yang powerfull untuk  mengatasi grogi secara cepat.

Begini cara mengatasi grogi dengan teknik NLP:

  1. Pilih kondisi perasaan yang Anda inginkan, misalnya tenang, percaya diri, dsb.
  2. Tentukan simbol yang unik sebagai pemicu (anchor) perasaan yang Anda inginkan tersebut. Bisa dengan mengepalkan tangan, bersuara tertentu (katakan: “tenaaaang”), atau membayangkan gambar tertentu di dalam pikiran Anda.
  3. Bayangkan suatu kondisi saat Anda merasa tenang. Ingat kembali dan rasakan Anda benar-benar mengalaminya lagi sekarang. Perkuat rasa tenang itu. Lihat apa yang dapat Anda lihat di dalam pikiran yang membuat tenang. Dengarkan suara-suara di dalam pikiran yang juga membuat semakin tenang. Dan rasakan sensasi di tubuh sebagai tanda Anda benar-benar tenang.
  4. Saat berada dalam puncak ketenangan, beri simbol unik tertentu (langkah ke- 2) yang mewakili perasaan tenang tersebut.
  5. Break state. Alihkan perhatian Anda ke hal yang lain.
  6. Ulangi lagi langkah 3 – 5 beberapa kali sampai jaringan syaraf di kepala Anda terjalin lebih kuat.
  7. Test. Jika saat melakukan/ memunculkan simbol di langkah ke- 2 perasaan tenangnya sudah muncul, maka Anchor yang Anda buat sudah berhasil.

Catatan:

Teknik ini dilakukan jauh sebelum Anda tampil di depan publik. Jadi ketika Anda hendak tampil, Anda hanya tinggal memunculkan pemicunya (anchor) saja. Ini merupakan cara cepat mengatasi grogi dengan teknik NLP. Ingat! Anchor harus bersifat unik dan tidak boleh digunakan untuk memicu perasaan lain karena akan mengurangi keampuhannya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *