Cara Mengatasi Perasaan Tidak Nyaman Dengan NLP

12. Cara Mengatasi Perasaan Tidak Nyaman Dengan NLP

Anda mungkin pernah mengalami sebuah perasaan tertentu yang menyebabkan rasa tidak nyaman di dada atau tubuh lainnya. Mungkin terasa seperti sesak, berdebar-debar, panas, seperti menusuk-nusuk, dsb. Teknik yang saya bagikan berikut ini berguna untuk mengatasi perasaan tidak nyaman tersebut.

Namun sebelum menguasai tekniknya, Anda perlu mengetahui sebuah presuposisi NLP berikut ini:

“Setiap perilaku memiliki maksud baik, minimal dalam konteks tertentu”

Asumsi ini perlu kita pegang erat-erat sebelum menerapkan teknik apapun untuk menghilangkan simptom yang kita alami. Setiap “perasaan negatif” yang kita alami pun ternyata punya maksud baik untuk diri kita. Kita tidak boleh menghilangkan simptom (baca: perasaan tidak nyaman) secara sembarangan tanpa mengatahui maksud baiknya. Jika tidak dipahami dengan baik, simptom tersebut tidak kembali lagi atau bahkan memunculkan simptom lain yang lebih parah.

Bagaimana cara mengetahui maksud baiknya?

Silahkan ambil posisi tubuh yang nyaman, boleh duduk atau berbaring. Menghirup dan menghembuskan nafas dengan santai beberapa kali mungkin dapat membantu Anda. Lalu tanyakan kepada diri Anda, apakah maksud yang ingin diberikan oleh perasaan tidak nyaman ini? Di sini Anda perlu peka, kadang kala jawaban dapat muncul berupa suara atau gambar di pikiran Anda. Jika sudah ketemu, berterima kasihlah kepada diri Anda yang memunculkan perasaan tidak nyaman itu dan katakan bahwa Anda sudah memahami maksud baiknya.

Perasaan tidak nyaman di dada bisa disebabkan oleh kemarahan, dendam, benci, takut, iri, kecewa, sedih, kecemasan, dsb. Mengetahui apa yang membuat Anda tidak nyaman berarti Anda memahami pesan yang disampaikan oleh rasa tidak nyaman tersebut. Setelah itu, Anda boleh menghilangkannya karena pesannya sudah Anda pahami.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda praktikkan untuk mengatasi perasaan tidak nyaman di dada.

  1. Teknik Object Imagery

Teknik ini berguna jika rasa tidak nyaman tersebut dapat dirasakan atau dibayangkan memiliki bentuk atau objek tertentu. Kita memanipulasi bentuk tersebut sampai rasa itu menjadi lebih nyaman dan dapat diterima.

Saya pernah mengalami perasaan tidak enak dan menimbulkan rasa panas di dada, bentuknya melingkar di sekitar dada sampai ke perut, tidak bergerak, dan berwarna merah. Maka saya melakukan teknik “object imagery” untuk menghilangkan perasaan tidak nyaman tersebut. Bagaimana caranya?

Saya membayangkan sedang berada di sebuah tempat alami yang nyaman dan menyegarkan. Kemudian saya menghirup nafas dalam-dalam sambil membayangkan udara yang segaaaar masuk melalui hidung. Udara segar tersebut saya izinkan menurunkan suhu panas di dalam dada. Saat menghembuskannya kembali, saya bayangkan warna merah ikut ke luar bersama hembusan nafas.

Melakukan hal tersebut beberapa kali dalam keadaan santai, dapat membantu saya menghilangkan perasaan tidak nyaman di dada. Teknik ini sangat mudah dan dapat dipraktikkan sendiri. Jika sudah terbiasa, teknik ini dapat dilakukan dalam hitungan detik saja.

  1. Teknik Editing Submodality

Setiap perasaan yang Anda rasakan, memiliki komponen yang menjadi pembeda dengan perasaan-perasaan lain. Mengubah-ubah komponen ini, akan merubah perasaan yang Anda alami. Berikut ini adalah beberapa komponen yang bisa Anda ubah-ubah.

Sensasi di Badan Tekanan, beban, suhu tertentu, dsb.
Intensitas Tinggi-Rendah, Berat-Ringat, Dalam-Dangkal
Lokasi Di mana persisnya rasa itu
Arah gerakan Diam, bergerak, berputar, naik-turun, keluar-masuk, dsb.
Kecepatan nafas dan lokasi nafas Dada, perut, diafragma
Kecepatan jantung Jumlah denyut
Suhu kulit Panas, hangat, dingin, biasa
Sensasi taktil Tajam, halus, keras, lengket, lembut, dsb

Contoh:

Jika Anda mengalami sebuah perasaan yang memiliki arah gerakan berputar di dada. Maka Anda boleh mengubah arah putarannya, menurunkan kecepatannya, menghentikan putarannya, dan seterusnya. Anda boleh memindahkan lokasinya, dan apapun dari komponen di atas yang bisa Anda ubah-ubah. Kenali perubahannya, dan berhenti saat sudah nyaman atau perasaan itu dapat diterima.

  1. Teknik Reframing

Teknik ini dilakukan seperti yang sudah pernah saya contohkan di artikel cara meredakan nyeri dengan NLP dan cara menghilangkan self talk negatif. Anda tinggal mengganti apa yang ingin di hilangkan saja.

Demikianlah beberapa teknik yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan perasaan tidak nyaman dengan NLP. Mudah kaan? Jika ada pertanyaan, silahkan masukkan di kolom komentar yaa…

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *