Cara Menyusun Kalimat Sugesti Yang Baik

Cara Menyusun Kalimat Sugesti Yang Baik

Jika Anda sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul Memanfaatkan Kondisi Hipnotik Alami, maka tulisan ini bermanfaat untuk membantu Anda merumuskan sugesti yang baik. Sebuah sugesti yang baik harus mengikuti cara kerja pikiran agar bisa diterima dengan baik. Jika tidak sesuai, maka sugesti yang Anda ucapkan tidak akan bertahan lama bahkan bisa jadi kontraproduktif.

Berikut ini adalah bagaimana cara menyusun kalimat sugesti yang baik agar kalimat sugesti yang Anda ucapkan berpengaruh dan membawa hasil. Kalimat sugesti yang Anda ucapkan harus memiliki kriteria sebagai berikut:

  1. Gunakan kalimat sederhana yang spesifik dan mudah dimengerti. Usahakan memberikan satu tema pada suatu waktu, hindari memasukkan banyak tema sekaligus. Misalnya, hari ini khusus tema motivasi saja, dsb.
  2. Gunakan kalimat positif. Nyatakan sesuatu yang Anda inginkan, bukan sesuatu yang Anda hindari. Pikiran kita lebih cepat memahami kalimat positif dibandingkan kalimat negatif, maka kalimat positif ini yang akan lengket ke dalam pikiran. Contoh: “Saya merasa bahagia.
  3. Menggunakan kalimat sekarang (present). Pikiran bawah sadar tidak mengenal kata “akan” (future), maka gunakanlah kalimat yang bersifat sekarang (present tense) atau kalimat progresif seperti kata: semakin, bertambah, dsb. Contoh: “Setiap hari saya semakin bahagia.
  4. Melibatkan emosi. Gunakanlah kata-kata yang emosional karena Pikiran Bawah Sadar dapat memahami emosi dengan baik. Sambil mengimajinasikan Anda sudah merasakan apa yang Anda inginkan, rasakan juga emosi apa yang ada di situ dan masukkan ke dalam kalimat sugesti Anda.
  5. Berulang-ulang (repetition). Pikiran tidak mengenal mana kenyataan dan mana imajinasi. Keduanya akan terlihat sama di dalam pikiran. Sesuatu yang dilakukan berulang-ulang akan membentuk jaringan neurologis yang sama di dalam otak. Maka semakin sering kita membayangkan sudah mengalami apa yang kita inginkan, maka semakin menjadi kenyataan hal tersebut di dalam kehidupan.

Demikianlah cara menyusun kalimat sugesti yang benar menurut Hipnoterapi. Aturan ini juga bisa diterapkan dalam memberikan sugesti dalam Hypnosleep. Jika Anda ingin memberikan pertanyaan, silahkan masukkan di kolom komentar yaa.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *