Memanfaatkan Kondisi Hipnotik Alami

18. Memanfaatkan Kondisi Hipnotik Alami

Beberapa hari yang lalu, saya sudah memposting artikel tentang Hipnosis itu alamiah. Sekarang saya akan membahas bagaimana cara memanfaatkan kondisi hipnotik alami. Salah satu kondisi hipnotik alami yang pasti dialami setiap orang adalah beberapa saat sebelum tidur (disebut Hypnogogic State) dan beberapa saat setelah bangun dari tidur (Hypnopompic State).

Anda tentu pernah mengalami, dipagi hari saat dimana Anda sudah menyadari keberadaan diri Anda namun tubuh belum benar-benar terjaga. Anda dapat mendengar suara-suara di sekitar Anda, dan tahu kalau Anda sudah bangun. Pada saat ini, gelombang otak Anda masih berada pada gelombang Alpha, dalam keadaan hipnotik yang bersifat fokus dan imajinatif.

Ini merupakan tahap peralihan sebelum Anda benar-benar terjaga. Kita kadang-kadang bahkan berdialog dengan diri kita sendiri saat-saat seperti ini. Satu bagian dari diri diri kita mengatakan bahwa Anda harus segera bangun dan bekerja. Bagian yang lain mengatakan, tunggulah sebentar lagi, kamu masih mengantuk.

Beginilah kira-kira rasanya berada dalam keadaan hipnotik itu. Bedanya, kalau Anda mengikuti sesi Hipnoterapi, ada Hipnoterapis yang memandu Anda. Ini merupakan saat-saat yang paling tepat untuk memanfaatkan kondisi hipnotik untuk pemberdayaan diri.

Memanfaatkan dua kondisi hipnotik alamiah ini hampir sama. Bedanya, yang satu dilakukan sebelum tidur, dan satu lagi dilakukan setelah bangun tidur. Berikut adalah caranya.

Cara memanfaatkan kondisi hipnotik alami:

  1. Saat Anda bersiap untuk tidur, bacalah do’a terlebih dahulu. Do’a sebelum tidur akan menjadi penanda bagi pikiran, untuk menyiapkan tubuh Anda untuk tidur.
  2. Ketika Anda sudah memejamkan mata dan mulai mengantuk, gelombang otak perlahan-lahan akan turun dari Gelombang Bheta menjadi Alpha, kemudian Theta dan sampai Delta (tertidur pulas). Pada saat ini, masukkan kata-kata positif pada diri Anda (Autosugesti), suatu keadaan yang ingin Anda miliki. Misalnya: ”Mulai sekarang saya adalah orang yang percaya diri, dan setiap kali saya berhadapan dengan orang lain, saya berbicara dengan percaya diri. Semakin hari saya bertambah percaya diri karena diriku yang ideal adalah yang percaya diri.”
  3. Ucapkan berulang-ulang sambil merasakan seolah-olah Anda sudah memiliki apa yang Anda inginkan tersebut. Anda bisa menambahkan emosi ke dalam imajinasi Anda. Dalam contoh di atas, rasakan emosi yang timbul ketika Anda sudah memiliki rasa percaya diri yang Anda inginkan, seperti bahagia, dsb.
  4. Gunakan satu kesempatan hanya untuk satu tujuan saja, jangan terlalu banyak yang akan menyebabkan pikiran bawah sadar menjadi bingung, dan akhirnya tidak menjalankan apa yang Anda inginkan.
  5. Semakin sering Anda melakukannya, semakin cepat manfaatnya Anda rasakan.
  6. Lakukan hal yang sama ketika hendak bangun tidur. Pada saat gelombang otak sedang naik dari kondisi tertidur (Gelombang Delta) hingga bangun (Gelombang Bheta).

Demikianlah pembahasan tentang cara memanfaatkan kondisi hipnotik alami. Jika ada pertanyaan, Anda tentu dapat menuliskannya di kolom komentar yaa…

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *