Cara Menyembuhkan Phobia Dengan Hipnoterapi

04. Hipnoterapi Untuk Menyembuhkan Phobia

Saat sedang memberikan pelatihan Hipnoterapi bersertifikat nasional  kepada para dokter gigi, ada seorang peserta yang ingin diterapi untuk menyembuhkan phobia-nya. Saya memang sering melakukan demonstrasi Hipnoterapi di acara pelatihan Hipnoterapi yang saya selenggarakan. Selain ingin memberikan pemahaman kepada para peserta, hal ini juga bermanfaat langsung kepada si klien.

Seorang ibu maju ke depan dan menceritakan ketakutannya terhadap kecoa. Menurutnya, ia sudah lama takut kepada kecoa. Ia berteriak histeris jika menemukan kecoa di hadapannya. Ia tidak mau masuk ke kamar mandi jika ada kecoa. Teman-temannya dan keluarganya sering menakut-nakutinya dengan kecoa. Akhirnya, beliau memutuskan untuk memberanikan diri maju ke depan dan diterapi di hadapan peserta pelatihan lainnya.

Tidak melalui proses yang lama, Ibu tersebut memasuki kondisi trance (hipnotik) yang dalam. Saya melakukan beberapa teknik Hipnoterapi sehingga akhirnya ditemukan penyebab beliau mengalami phobia. Dulu, saat masih sangat kecil, seekor kecoa pernah terbang dan hinggap di badannya. Karena masih kecil, ia terkejut dan menjerit histeris. Pengalaman pertama itulah penyebab ia mengalami phobia.

Saya kemudian menyuruh si Ibu memberikan pemahaman kepada “anak kecil” yang ada di dirinya. Ia pun memberikan pemahaman bahwa kecoa itu adalah begini begini… bahwa pengalaman itu adalah begitu begitu… dst. Akhirnya, ia menerima pemahaman baru itu dan membawanya menjalani kehidupan di masa depan.

Masih dalam keadaan hipnotik, saya memberikan sugesti bahwa di masa depan ia berjumpa dengan kecoa. Reaksinya menunjukkan bahwa ia sudah tidak takut lagi bahkan berani menyentuh kecoa itu. Hal Ini menunjukkan bahwa terapi yang dilakukan sudah berhasil.

Terstimoni Peserta Pelatihan Terapi Phobia KecoaSetelah kembali ke kesadaran normal, seorang peserta memberikan sebuah kecoa yang dibungkus tisu. Karena tadi sudah di uji dengan “kecoa di dalam pikiran”, maka kecoa nyata pun hasilnya akan sama. Terbukti, terapi yang baru dilakukan berhasil dan beliau sudah tidak takut lagi terhadap kecoa. Selang beberapa waktu setelah pelatihan, beliau mengirim foto dirinya sedang memegang kecoa.

-000-

Phobia merupakan ketakutan yang tidak wajar terhadap sesuatu. Misalnya, takut jarum suntik, takut melihat darah, takut naik lift, takut naik pesawat, takut keramaian, takut berbicara, takut kucing, dsb. Ada banyak jenis phobia yang ada di dunia ini, kadang-kadang kita bahkan tak bisa menduganya.

Ada kalanya phobia itu merupakan hal yang “remeh” dan tidak mengganggu. Namun, kalau sudah sampai menghambat aktivitas tentu sangat merugikan, bukan? Itulah sebabnya, kenapa kami memberikan layanan Hipnoterapi untuk menyembuhkan phobia.

Biasanya phobia terjadi karena:

  1. Pengalaman buruk yang terjadi di masa lalu

Ini seperti cerita pembuka di atas. Seseorang mengalami phobia karena kejadian “trauma” di masa kecil. Contoh lainnya, seseorang menjadi takut naik pesawat karena punya pengalaman buruk saat naik pesawat. Seorang takut naik kendaraan karena dulu pernah mengalami kecelakaan, seseorang takut darah karena punya pengalaman buruk yang berhubungan dengan darah, dsb.

Pengalaman-pengalaman buruk tersebut ditekan masuk ke pikiran bawah sadar sehingga menjadi program yang otomatis. Sering sekali seseorang menyadari kenaifannya menakuti hal yang tidak wajar tersebut. Namun karena sudah terprogram di pikiran, ia sulit untuk menyembuhkan phobia-nya.

  1. Sugesti negatif

Seorang anak takut dengan kegelapan. Dia beralasan kalau berada di kegelapan akan didatangi hantu. Entah dari mana ia beranggapan seperti itu. Setelah diselidiki, ternyata ia sering ditakut-takuti pembantu yang mengasuhnya.

Ada lagi seorang anak yang takut mendengar bunyi sirine ambulan. Ia akan berlari dan bersembunyi saat mendengar suara sirine ambulan. Rupanya, ia sering ditakut-takuti oleh Ibunya yang mengatakan bahwa suara sirine ambulan datang untuk mengambil anak yang nakal.

Hal ini menunjukkan bahwa sebuah sugesti bisa menjadi nilai dan kebenaran bagi diri seseorang. Karena sudah menjadi kebenaran bagi pikiran, maka tentu saja ia akan berperilaku seperti itu.

  1. Pemahaman yang salah

Ada seorang Ibu yang takut mengunjungi dokter gigi karena beranggapan bahwa giginya akan terhisap oleh alat-alat dokter gigi. Ada lagi yang takut karena mendengar suara berisik dari alat-alat yang ditimbulkan peralatan di ruang tersebut, dll. Hal ini terjadi karena pemahaman yang salah dari cerita-cerita orang, dsb.

Perlu diingat bahwa tidak semua penyebab phobia itu disadari oleh seseorang. Sering sekali, sumber phobia itu adalah pengalaman yang terjadi di masa kecil dan sudah dilupakan. Oleh karena itu Hipnoterapi merupakan metode yang sangat sesuai untuk menyembuhkan phobia. Karena selain bisa meng-edit pengalaman di masa lalu, metode Hipnoterapi juga sangat cepat dalam menyembuhkan phobia.

Melalui teknik age regression (regresi usia) seorang Hipnoterapis akan membuat klien kembali ke masa lalu (dalam pikiran) dan menyelesaikan sumber phobia itu. Jika persoalan yang terjadi di masa lalu dan pemahaman-pemahaman yang keliru sudah diselesaikan, maka phobia-nya juga akan hilang.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *