Cara Hipnoterapi Diri Sendiri Ala Betty Erickson

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa setiap Hipnoterapi adalah merupakan sebuah Self Hypnosis. Pada dasarnya dalam setiap Hipnoterapi, Anda sendirilah yang melakukannya. Maka jika tidak ada Hipnoterapis yang memandu, Anda juga bisa melakakukan proses Hipnoterapi secara mandiri. Berikut ini adalah salah satu Cara Hipnoterapi Diri Sendiri yang dilakukan oleh Betty Erickson.

Betty Erickson adalah istri dari tokoh Bapak Hipnoterapi Modern, Milton H Erickson. Ia banyak berjasa membantu Erickson dalam menangani klien. Biasanya sebelum sesi terapi dimulai, Betty menyiapkan klien dengan melakukan percakapan-percakapan ringan dan memperkenalkan fenomena hipnotis, seperti relaksasi, mati rasa, lupa waktu, dsb.

  1. Luangkan waktu dan pilihlah tempat yang nyaman dan tidak terganggu oleh orang lain. Sambil duduk bersandar di kursi atau setengah berbaring di sofa, silahkan rilekskanlah tubuh Anda. Jatuhkan tangan ke pangkuan atau biarkan terkulai ke bawah. Tariklah nafas yang panjang beberapa kali dan keluarkan dengan perlahan.
  2. Fokuskan pandangan mata Anda ke tembok di hadapan Anda. Pilihlah salah satu titik yang dapat Anda lihat dengan fokus di tembok itu.
  3. Sambil tetap menatap tembok dengan fokus, katakanlah kepada diri sendiri dengan nada lembut, tenaang, dan rileeks, 3 hal yang dapat Anda lihat. Mungkin warna di sekitar titik tersebut, corak atau ornamen di dinding, foto yang tergantung, dsb.
  4. Berikutnya katakan juga dalam hati 3 hal yang dapat Anda dengar, saat Anda tetap menatap titik di hadapan Anda. Mungkin suara jam yang berdetak, orang yang sedang berbincang di ruangan sebelah, suara musik, suara kendaraan, dsb.
  5. Sekarang katakan 3 hal berikutnya yang dapat Anda rasakan di tubuh, tetap dengan nada bicara yang pelaan, santaaai, dan tenaang. Misalnya bagaimana rasa punggung yang bersandar, jantung yang berdetak, atau telapak kaki di bawah sana.
  6. Sekarang biarkan mata itu menutup dengan santai sejenak. Jika masih ada keinginan membuka, bukalah dan lanjutkan dengan mengatakan dalam hati 2 hal yang dapat Anda lihat yang berbeda dari sebelumnya. Tetap dengan nada yang perlahan, lembuut, dan tenaang.
  7. Lanjutkan dengan mengatakan 2 hal yang Anda dengar yang berbeda dari sebelumnya. Diikuti dengan 2 hal yang Anda rasakan secara berbeda dari sebelumnya.
  8. Tutup mata Anda lagi, dan rasakan nyamannya. Jika masih ada keinginan untuk membuka mata. Lanjutkan dengan mengatakan 1 hal yang Anda lihat secara berbeda, 1 hal yang Anda dengar, dan 1 hal yang Anda rasakan. Tetap dengan nada yang semakin perlahaan, tenaang, dan santaaai.
  9. Sekarang biarkanlah mata itu menutup sepenuhnya. Ulangi langkah di atas dalam keadaan mata tertutup.
  10. Akhirnya Anda sampai di kondisi trance (terhipnosis). Silahkan menikmat waktu Anda.

Kalau ingin disederhanakan, maka langkah-langkah di atas adalah sebagai berikut:

  • Katakan 3 hal yang di lihat, dengar, dan rasakan (di luar diri).
  • Katakan 2 hal yang di lihat, dengar, dan rasakan (di luar diri).
  • Katakan 1 hal yang di lihat, dengar, dan rasakan (di luar diri).

Setelah Anda menutup mata, lanjutkan dengan:

  • Katakan 3 hal yang di lihat, dengar, dan rasakan (di dalam diri).
  • Katakan 2 hal yang di lihat, dengar, dan rasakan (di dalam diri).
  • Katakan 1 hal yang di lihat, dengar, dan rasakan (di dalam diri).

Jika sudah sampai di tahap ini, Anda sudah mengalami kondisi trance yang ditandai dengan pikiran yang fokus ke dalam diri, berkurangnya reflex dan keinginan bergerak/ berbicara, detak jantung melambat, pernafasan santai melalui perut, dll. Pada kondisi trance, pikiran sedang berada di gelombang Alpha-Theta dan sangat mudah menerima sugesti.

Segera manfaatkan kondisi ini dengan melakukan pemrograman pikiran bawah sadar sesuai dengan yang Anda inginkan. Seperti untuk meningkatkan motivasi, fokus, percaya diri, mengingat, membangun citra diri, dsb. Anda dapat mempelajari lagi Cara Menyusun Sugesti Yang Baik sebelum mempromgram pikiran bawah sadar.

Note:

Saat Anda menutup mata, Anda boleh memilih memori yang Anda senangi, pengalaman berharga, tempat favorit, atau prestasi terbaik yang sudah Anda capai, dll. Katakan 3 hal yang dapat Anda lihat, dengar, dan rasakan di memori itu, dst.

***

Demikianlah Cara Hipnoterapi Diri Sendiri Ala Betty Erickson yang dapat Anda gunakan untuk memprogram pikiran bawah sadar dengan program-program yang memberdayakan. Jika masalah yang Anda alami terlalu berat untuk diatasi sendiri, Anda boleh menghubungi klinik hipnoterapi kami di Jakarta.

 

Selamat mempraktikkan 😊

Bang Noer.