Cara Mengatasi Insomnia

Bulan ini saya mendapati beberapa kasus sulit tidur (insomnia) diĀ  klinik hipnoterapi jakarta . Dari beberapa kasus tersebut, saya akan memberikan beberapa tips atau cara mengatasi insomnia.

Insomnia terjadi karena banyak faktor, bisa karena stres, kecemasan, trauma, pola hidup, masalah kesehatan, dll. Biasanya insomnia hanya merupakan gejala dari masalah yang sebenarnya terjadi. Jadi yang sebenarnya perlu diatasi adalah penyebab insomnia tersebut. Kenalilah apa yang menyebabkan Anda insomnia, lalu lakukan tindakan yang tepat untuk mengatasinya.

Berikut ini beberapa tips yang mungkin berguna bagi Anda untuk mengatasi insomnia:

  1. Perhatikan aktivitas beberapa jam sebelum tidur, hindari menonton hal yang membuat stres,
  2. Biasakan tidak bekerja/ main handphone/ dsb di tempat tidur karena akan membuat pikiran aktif,
  3. Kenali self talk, ubah self talk negatif menjadi positif. Banyak orang insomnia karena memiliki self talk negatif. Pelankan dan rendahkan nadanya untuk mempermudah Anda tidur,
  4. Olah raga secara rutin, ini akan membantu melancarkan sirkulasi darah dan oksigen ke otak,
  5. Latih mindfullness, melakukan satu hal pada satu waktu (fokus/ khusyu). Hal ini akan membuat pikiran berada pada kondisi yang tepat pada saat yang tepat. Jika bekerja ia akan fokus, dan jika ingin tidur dia akan non-aktif.
  6. Jika pikiran terlalu aktif, coba membaca sesuatu hal yang berat, seperti buku yang tebal, atau bahasa asing, dsb. Ini akan membuat pikiran cepat lelah dan mengantuk.

Jika masih berlanjut, hubungi terapis terpercaya untuk membantu Anda menemukan penyebab insomnia dan memprogram pikiran bawah sadar agar kembali normal seperti semula. Hipnoterapi jakarta punya banyak cara untuk membantu Anda terbebas dari masalah insomnia.

Sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *