Cara Mengatasi Susah Tidur Dengan Hipnoterapi

Susah Tidur (Insomnia) adalah salah satu permasalahan yang paling sering ditemukan berkaitan dengan gangguan tidur (Sleep Disorder). Insomnia terjadi ketika seseorang memiliki masalah untuk tidur, sering terbangun pada saat tertidur, tidur tapi masih sadar, tidak bisa tidur sampai pagi, susah untuk tidur kembali jika terbangun, atau tidak merasa cukup tidur. Artikel ini akan membahas cara mengatasi susah tidur dengan hipnoterapi.

Jenis Gangguan Susah Tidur (Insomnia)

Untuk mengetahui apa itu insomnia? Ada baiknya terlebih dahulu kita kenali jenis-jenis gangguan susah tidur (insomnia). Berdasarkan durasinya,Insomnia terdiri dari dua jenis, yaitu:

  • Insomnia akut;

Terjadi dengan durasi yang singkat, mulai dari beberapa hari sampai dengan tiga minggu. Biasanya insomnia ini akan hilang tanpa melakukan perawatan.

Insomnia kronis;

Terjadi dengan durasi lebih dari tiga minggu. Insomnia ini biasanya memerlukan perawatan agar bisa disembuhkan.

Obat susah tidur yang didapat dari dokter spesialis mungkin dapat membantu membuat Anda cepat tertidur. Namun perlu diperhatikan bahwa obat-obatan hanya menghilangkan simptomnya saja, tidak mengatasi inti masalahnya. Banyak orang yang menjadi ketergantungan dengan obat tidur yang diberikan oleh dokter. Jika tidak mengkonsumsi obat, ia tidak bisa tidur sama sekali.

Susah tidur (insomnia) sebenarnya merupakan gejala bahwa seseorang sedang mengalami masalah pikiran dan emosi. Untuk dapat menyembuhkan susah tidur (insomnia) sebaiknya sumber masalahnya harus diselesaikan. Jika tidak, insomnia bahkan bisa menyebar dan memunculkan gejala-gejala lain.

Penyebab Susah Tidur (Insomnia)

Susah tidur dapat disebabkan oleh satu atau beberapa kondisi berikut ini, antara lain:

  • Stress;

Tekanan dalam kehidupan turut menyumbangkan faktor terhadap terjadinya gangguan susah tidur (insomnia). Tekanan karena faktor finansial merupakan yang paling dominan memicu terjadinya insomnia. Faktor lainnya seperti tekanan keluarga, tekanan pekerjaan, dan lain-lain dapat menyebabkan susah tidur.

  • Kecemasan;

Gangguan kecemasan (anxiety disorder) yang muncul karena berbagai hal, seperti saat hamil, sakit keras, berhenti bekerja, pensiun, dan sebagainya.

  • Trauma dan Depresi;

Peristiwa buruk yang terjadi di masa lalu, kesulitan dalam hidup, kesedihan mendalam, gangguan mood, dan masalah lain yang terus hadir di dalam pikiran dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan susah tidur (insomnia).

  • Masalah Emosi;

Dendam, amarah, emosi yang tidak dapat diungkapkan, dan masalah emosi lainnya dapat memunculkan gangguan susah tidur (insomnia).

Masalah Lain Yang Muncul Karena Susah Tidur

Walaupun kelihatannya sepele, gangguan susah tidur (insomnia) kalau dibiarkan terus menerus akan berakibat tidak baik bagi penderitanya. Masalah-masalah yang sering timbul karena susah tidur (insomnia) antara lain:

  • Reaksi emosional yang berantai, seperti kecemasan, stress, depresi, dan masalah emosi lain dapat menyebabkan insomnia (begitu pula sebaliknya),
  • Gangguan konsentrasi dan kesulitan dalam mengingat,
  • Terganggunya kesehatan fisik. Misalnya timbul sakit kepala, migrain, kulit di bawah mata tampak kehitaman, mudah lelah, badan lemah dan mudah tertular penyakit,
  • Mudah marah, menjadi emosional, dan gangguan perilaku lain,
  • Ketergantungan pada obat tidur, obat penenang, alkohol, bahkan narkoba.

Ciri-Ciri Gangguan Susah Tidur (Insomnia)

Untuk mengetahui apakan seseorang mengalami gangguan susah tidur (insomnia) bisa dilihat dari beberapa ciri berikut ini. Ciri-ciri ini bisa bervariasi bagi setiap orang, jika salah satu atau beberapa diantaranya dialami dalam jangka waktu lebih dari dua minggu, seseorang patut diduga mengalami gangguan susah tidur (insomnia).

  • Merasa sangat mengantuk di siang hari,
  • Perubahan pola tidur,
  • Frustasi dan khawatir terhadap aktivitas tidur,
  • Perubahaan mood yang ekstrim,
  • Merasa kurang energi dan motivasi,
  • Sakit kepala, sakit perut, dsb.
  • Bermasalah dengan perhatian, susah fokus, susah mengingat, dsb.

Hipnoterapi Untuk Mengatasi Susah Tidur (Insomnia)

Dunia Psikoterapi sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Salah satunya adalah metode Hipnoterapi. Melalui metode Hipnoterapi, susah tidur (insomnia) yang sudah lama dialami pun dapat disembuhkan dengan cepat. Beberapa teknik dalam Hipnoterapi yang sering dilakukan adalah:

  • Memberikan sugesti langsung

Hal ini dapat dilakukan jika tidak ditemukan penyebab seseorang menjadi susah tidur atau menjadi pelengkap dari teknik-teknik berikutnya.

  • Mencari akar masalah yang menyebabkan susah tidur

Beberapa kasus susah tidur (insomnia) dapat terjadi karena ada penyebab yang terpendam di pikiran bawah sadar klien. Seperti ketakutan ditinggalkan, takut gagal, takut mati, takut kesiangan, dsb. Melalui Hipnoterapi, penyebab-penyebab ini dapat ditemukan dan diprogram ulang melalui sugesti-sugesti tertentu.

  • Melakukan part therapy dengan bagian diri

Selain itu, susah tidur (insomnia) juga bisa disebabkan karena adanya dua bagian diri (part) yang saling bertentangan. Tugas seorang Hipnoterapis adalah mendamaikan bagian-bagian diri yang saling bertentangan ini agar menjadi selaras Kembali.

  • Melakukan pelepasan terhadap beban emosi yang terpendam

Masalah emosi menjadi penyebab susah tidur yang juga sering ditemui. Kesedihan dan amarah yang terlalu intens perlu diredakan agar bisa menyembuhkan susah tidur.

Demikianlah artikel singkat tentang cara mengatasi susah tidur dengan Hipnoterapi dan jika ada yang ingin ditanyakan, Anda boleh menuliskannya di kolom komentar. Anda juga dapat membaca 8 Cara Jitu Mengatasi Insomnia. Jika ada teman/ saudara yang membutuhkan layanan hipnoterapi untuk mengatasi gangguan susah tidur, silahkan mengunjungi klinik hipnoterapi kami di Jakarta.

Salam sehat

Bang Noer