Main Gadget Dimanfaatkan Untuk Terapi Kecemasan

Beberapa bulan terakhir saya banyak menangani kasus kecemasan, ketakutan, dan psikosomatis dengan Hipnoterapi. Mungkin ada yang bertanya, bagaimana cara terapi kecemasan? Bagaimana cara menyusun sugestinya? Bagaimana teknik terapinya?

Anda mungkin sudah tahu atau mungkin juga belum, bahwa hobi klien dapat dimanfaatkan untuk terapi kecemasan, termasuk main gadget.  Seperti hari itu, saya manfaatkan kegemaran klien yang selalu mendapatkan ketenangan saat bermain gadget untuk membantunya mencapai tujuan terapi.

Istilah yang saya gunakan pun memakain istilah yang biasa dalam dunia per-gadget-an. Searching, edit, install, uninstall, save, update, unfriend, dst.

Searching, artinya klien sedang mencari database di dalam pikiran bawah sadarnya tentang program apa yang selama ini menghambatnya dan program apa yang diketahuinya perlu ditambah atau diperbaiki.

Edit, artinya klien tahu bahwa ada program pikiran yang selama ini tidak sesuai lagi dengan kondisinya. Oleh karena itu perlu disesuaikan agar tetap bisa beradaptasi.

Install, berarti memasukkan program baru ke dalam pikirannya.

Uninstall, adalah kebalikan dari install, yaitu mencopot program-program yang tidak sesuai.

Save, artinya menyimpan perubahan yang sudah dilakukan.

Unfriend, memutus hubungan pertemanan dengan orang-orang yang selama ini menghambat dirinya (di dalam pikiran).

Dan masih banyak lagi istilah-istilah yang digunakan. Terapi ini sendiri berlangsung lebih kurang selama 2 jam, termasuk wawancara awal untuk mengenali masalahnya.

Berikut ini adalah video yang sempat saya rekam saat melakukan Hipnoterapi kepada klien tersebut. Saya tidak bisa mengambil videonya secara utuh karena sedang fokus menangani klien. Tangan yang bergerak di dalam video ini menceritakan klien yang sedang bermain gadget di dalam pikirannya.

Anda dapat mendengar bahwa beberapa yang sudah “di-install” klien untuk mengatasi kecemasan adalah keberanian dan percaya diri. Masih ada banyak lagi program yang dimasukkan ke pikiran bawah sadar klien.

Terapi kecemasan jadi lebih mengena karena klien sudah akrab dengan kata-kata yang digunakan. Kalau begini, kita tak perlu repot-repot memikirkan bagaimana cara menyusun sugesti yang harus diberikan, hanya perlu FOKUS terhadap klien.

Jadi saat Anda datang ke klinik hipnoterapi kami di Jakarta, karena kami akan menggunakan bahasa yang sesuai dengan diri klien.

Inilah yang disebut dengan pendekatan client centered itu, dimana kita menerima apa yang ada pada klien (ACCEPT) dan memanfaatkannya untuk mencapai perubahan (UTILIZE).

Sampai jumpa,

Bang Noer