Cara menghilangkan Trypophobia (takut jarum suntik)

Mungkin ada di antara Anda atau keluarga yang mengalami ketakutan terhadap jarum suntik. Jika memerlukan penanganan medis, seperti pengobatan, vaksinasi Covid-19, dan tindakan medis lain yang memerlukan suntikan, tentu akan sangat merepotkan. Untuk itu kami beritahukan cara menghilangkan Trypophobia (phobia jarum suntik) dengan Hipnoterapi.

Kalau melihat video-video orang yang mengalaminya, tentu banyak yang akan tertawa. Terutama kalau yang mengalami tryphopohia itu diasumsikan sebagai sosok yang kuat, seperti pria dewasa, polisi, satpam, kepala puskesmas, dsb. Padahal itu sama sekali tidak lucu bagi yang mengalaminya.

Untuk sedikit berempati, cobalah bayangkan sejenak Anda berada di posisi tersebut. Bayangkan Anda dipaksa untuk menghadapi ketakutan terbesar dalam kehidupan Anda. Apa yang Anda rasakan?

Mungkin akan timbul beragam reaksi seperti jantung berdebar, keringat dingin, badam lemas, mata kabur, tubuh mengejang, bahkan bisa sampai pingsan. Seperti itulah yang dirasakan oleh orang yang mengalami Trypophobia yang dipaksa menghadapi jarum suntik.

Penyebab Trypophobia

Kebanyakan kasus seperti ini terjadi karena;

  • Trauma masa kecil: pernah mengalami kesakitan saat disuntik, dokter tidak bersahabat saat menangani di masa kecil, trauma akibat penyakit masa kecil, trauma rumah sakit, trauma melihat dokter, dll.
  • Mindset yang keliru: ditakut-takuti oleh orang tua/ pembantu, dokter adalah orang jahat, disuntik bisa mengakibatkan kematian, banyak kuman yang ada di jarum, sugesti yang salah dari lingkungan, dsb.
  • Sensitif terhadap rasa sakit: pikiran yang merasa sensitif terhadap rasa sakit, tidak ingin mengalami rasa sakit, dll.

    Memang kasus seperti ini sering dianggap enteng karena jarang melihat pemicunya. Tapi jika suatu yang mendesak terjadi (seperti penanganan medis) bukankah ini akan menjadi kendala? Ini bahkan bisa menyebabkan trauma baru jika melihat penanganan seperti yang banyak viral di internet.

Cara Menghilangkan Trypopobia

Phobia jarum suntik seperti ini bisa dihilangkan kok. Di Klinik Hipnoterapi Jakarta, 1-2 sesi sudah bisa untuk mengatasinya. Anda akan dipandu Hipnoterapis untuk menemukan apa yang menyebabkan Anda mengalami phobia.

Melalui teknik-teknik tertentu, masalah-masalah tersebut dapat diprogram ulang sehingga menjadi program baru di pikiran bawah sadar Anda. Anda pun akan bereaksi normal terhadap jarum suntik, sama seperti orang yang lain.

Jika Anda atau keluarga mengalami Trypophobia, segeralah sarankan untuk mencari jasa Hipnoterapi terdekat untuk membantu Anda mengatasinya. Setidaknya Anda sudah punya gambaran tentang cara menghilangkan Trypophobia dengan Hipnoterapi. [end]