20 Pertanyaan Seputar Hipnoterapi

09. 20 Pertanyaan Seputar Hipnoterapi

Apakah Hipnoterapi itu?

Hipnoterapi secara mudah dapat kita artikan terapi yang menggunakan bantuan Hipnosis untuk memfasilitasi proses kesembuhan pada diri klien. Hipnoterapi merupakan salah satu bentuk terapi yang menggunakan kata-kata/ komunikasi sebagai perantaranya. Hipnoterapi tidak memberikan obat-obatan, tidak melakukan terapi pijat, dan tidak menggunakan alat bantu tertentu. Lihat lebih lengkap tentang apakah hipnoterapi itu di sini.

Apakah Hipnosis itu?

Hipnosis sendiri adalah metode komunikasi yang mampu menembus faktor kritis seseorang dan menjangkau/ memberikan sugesti kepada pikiran bawah sadar klien. Pada komunikasi biasa, kita sulit menjangkau pikiran bawah sadar ini. Namun saat berada dalam kondisi terhipnosis, kita dapat berkomunikasi dengannya sehingga dapat menemukan solusi terhadap masalah yang dialami.

Apakah pikiran bawah sadar itu?

Menurut para ahli, pikiran manusia terdiri dari dua bagian, yaitu Pikiran Sadar (Conscious Mind) dan Pikiran Bawah Sadar (Unconscious Mind). Pikiran sadar berfungsi untuk menganalisa, membandingkan, dan mengkritisi semua informasi yang masuk ke dalam pikiran. Pikiran Sadar hanya mewakili kurang lebih 12% kinerja pikiran.

Sementara Pikiran Bawah Sadar memiliki peran yang lebih besar sekitar 88% dalam mengatur kehidupan kita. Diantaranya adalah sebagai tempat menyimpan memori, kepribadian, imajinasi, emosi, keyakinan, kebiasaan, dll.

Apa bedanya Hipnotis, Hipnosis, Hipnotik, Hipnoterapi, Hipnoterapis?

  • Hipnosis adalah ilmunya, yang mempelajari komunikasi terhadap pikiran bawah sadar.
  • Hipnotis/ Hipnoterapis adalah orangnya, yang melakukan proses hipnosis.
  • Hipnotik adalah kondisi terhipnosis, berada dalam keadaan terhipnosis.
  • Hipnoterapi adalah metode terapi dengan bantuan Hipnosis.

Apakah trans (trance) itu?

Trans (trance) merupakan istilah untuk menggambarkan seseorang yang sedang mengalami kondisi hipnosis.

Apa rasanya ketika berada dalam kondisi terhipnosis (trance)?

Saat mengalami trance, seseorang sangat fokus terhadap pengalaman di dalam dirinya. Kondisi ini mirip seperti kondisi antara bangun dan tidur. Ia fokus mendengarkan suara Hipnoterapis yang memandunya. Irama nafas dan detak jantung biasanya melambat karena sedang mengalami kondisi yang sangat rileks/ santai.

Apakah saya tetap bisa mendengar suara orang lain saat dihipnosis?

Ya, walaupun berada dalam kondisi yang fokus, klien tetap bisa mendengarkan suara-suara lain di sekitar ruangan.

Apakah saya bisa mengingat apa yang terjadi selama proses Hipnoterapi berlangsung?

Bisa ya, bisa juga tidak. Sebagian orang lupa apa yang terjadi selama proses hipnoterapi berlangsung, sebagian lagi ingat seluruh prosesnya, sebagian lagi bahkan ingat semuanya. Kadang-kadang Hipnoterapis memang sengaja membuat pikiran sadar melupakan komunikasi yang terjadi dengan pikiran bawah sadar agar tidak mencampuri proses penyembuhan yang sedang berlangsung.

Apakah saya bisa bangun saat sedang dihipnosis?

Ya, Anda boleh bangun kapanpun Anda inginkan, dan bebas mengakhiri sesi Hipnoterapi jika merasa tidak nyaman.

Apakah Hipnoterapi bisa membongkar rahasia seseorang?

Ini salah satu yang sering disalahpahami oleh banyak orang. Mungkin karena melihat tayangan di televisi yang sering menunjukkan hal ini. Faktanya, Hipnoterapi tidak bisa membongkar rahasia seseorang. Klien bebas menahan semua informasi yang tidak ingin disampaikannya kepada Hipnoterapis.

Apakah Hipnoterapi bisa memaksa seseorang berkata jujur?

Tidak. Anda masih bisa berbohong walaupun sedang berada dalam kondisi terhipnosis (trance). Seandainya hal ini bisa dilakukan, mungkin polisi dan KPK sudah mengungkap banyak kasus korupsi dan kejahatan hanya dengan bantuan Hipnosis. Masuk akal?

Apakah Hipnoterapi bisa berbahaya?

Tidak ada bahaya dalam pengobatan Hipnoterapi. Walaupun demikian, Hipnoterapi adalah seni komunikasi. Untuk menyusun sugesti/ kata-kata kepada klien, perlu kehati-hatian dan keterampilan. Jika dilakukan secara sembarangan, hasilnya bisa kontraproduktif terhadap yang diinginkan.

Selain itu, jika tidak digunakan secara bertanggung jawab tentu saja dapat membahayakan orang lain dan menimbulkan efek negatif. Namun ini bukan Hipnoterapinya yang berbahaya, melainkan orang yang melakukannya yang berbahaya. Bijaklah dalam melakukan proses Hipnosis atau Hipnoterapi.

Kasus-kasus apa yang bisa ditangani dengan Hipnoterapi?

Menyembuhkan PsikosomatisSecara umum, semua kasus yang melibatkan pikiran dapat dibantu melalui terapi Hipnoterapi. Seperti Hipnoterapi untuk mengatasi stress, kecemasan, ketakutan, menyebuhkan phobia, trauma, depresi, kebiasaan buruk, berhenti merokok, ingin menurunkan berat badan, tidak percaya diri, dendam, halusinasi, kemasukan/ kesurupan, untuk mengatasi gangguan tidur (insomnia), dsb.

Apakah Hipnoterapi bisa menyembuhkan penyakit fisik?

Sebaiknya Anda melakukan diagnosa terlebih dahulu atas penyakit yang sedang dialami. Jika dokter mengatakan tidak ada yang salah dengan tubuh Anda, kemungkinan Anda sedang mengalami apa yang disebut sebagai Psikosomatis. Hipnoterapi dapat dilakukan untuk membantu menyembuhkan Psikosomatis.

Persiapan apa yang perlu saya lakukan sebelum menjalani sesi Hipnoterapi?

Tidak ada persiapan khusus yang perlu Anda siapkan. Datanglah dengan motivasi yang kuat untuk sembuh dan serius menjalani sesi Hipnoterapi. Sebaiknya Anda tidak terlalu lapar atau justru terlalu kenyang saat menjalani pengobatan Hipnoterapi agar tidak mengganggu kelancaran sesi Hipnoterapi.

Anda dipersilahkan untuk ke toilet terlebih dahulu sebelum menjalani sesi Hipnoterapi, mematikan handphone, dan meletakkan kontak lens atau kaca mata agar tetap nyaman selama proses terapi.

Bagaimana memilih seorang Hipnoterapis?

Secara umum, pilihlah Hipnoterapis bersertifikat yang memiliki track record bagus. Perhatikan sertifikat dan pelatihan yang sudah pernah ia ikuti, kompetensi apa saja yang ia miliki, dan berapa lama pengalaman yang ia miliki. Pilih juga lembaga pelatihan atau organisasi apa yang menaunginya.

Berapa biaya Hipnoterapi di Jakarta di klinik kami?

Setiap Hipnoterapis menerapkan standarnya sendiri dalam menentukan biaya hipnoterapi. Ada yang menggunakan biaya persesi ada juga yang menggunakan biaya perpaket. Di klinik Hipnoterapi yang kami kelola, biaya/ harga Hipnoterapi sebesar Rp. 1.000.000,-/ sesi dengan durasi maksimal selama 2 jam. Biaya ini sudah termasuk konsultasi, minuman, pelayanan, pajak, dan sesi terapi.

Berapa sesi yang perlu saya ikuti?

Tempat Hypnotherapy JakartaKarena setiap pribadi dan kasus yang dialami bersifat sangat unik, maka sulit sekali memastikan berapa sesi yang perlu diikuti untuk setiap orang. Namun untuk memperoleh manfaat maksimal dari sesi Hipnoterapi, kami menyarankan Anda untuk berkomitmen menjalani sesi terapi maksimal selama 3 sesi. Selama menjalani sesi Hipnoterapi, Anda bisa saja mendapatkan kesembuhan pada sesi ke-3, ke-2, bahkan sesi pertama.

Apakah ada garansi/ jaminan sembuh?

Seperti para praktisi kesehatan lainnya, kami dilarang etika profesi untuk memberikan garansi kesembuhan apapun terhadap klien. Kontrak dalam Hipnoterapi adalah usaha, bukan kesembuhan. Biaya yang Anda investasikan adalah biaya untuk usaha mencapai kesembuhan, bukan biaya kesembuhan itu sendiri.

Dimana tempat Hypnotherapi di Jakarta?

Kami melayani Hipnoterapi di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Silahkan melihat alamat kami di halaman kontak untuk informasi lebih lengkap.

Demikianlah pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan seputar Hipnoterapi. Jika ada pertanyaan lain yang ingin ditanyakan, Anda kami persilahkan untuk mengisinya di kolom komentar agar segera dapat kami tindak lanjuti.

 

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *